Tuesday, January 19, 2010

Mesin Jahit

Di dalam mengerjakan produk kaos atau jaket, pasti kita membutuhkan alat yang disebut mesin. Yach mesin jahit namanya. Para penjahit tidak bisa ngapa-ngapain tanpa adanya mesin ini ( ya iyalah ). Ternyata dalam mengerjakan suatu barang jahitan ( kaos

jaket ) membutuhkan jenis mesin yang berbeda-beda. Bingung…… ? untuk lebih jelasnya lihat, baca dan rasakan ( em kaya makanan aja )

Mesin Jahit jarum 1 ( single needle )
Mesin jahit jarum satu merupakan mesin jahit pokok yang harus dipunyai dalam dunia garment. Adapun teknologi baru yang dikembangkan pada mesin ini adalah :
- otomatis potong benang.( Automatic Thread trimmer )
Mesin single needle yang berfasilitaskan otomatis potong benang merupakan trend mesin yang dibutuhkan dunia garment saat ini. Dimana system ini menghilangkan tenaga tambahan yang dikeluarkan opearator untuk memutus benang setelah dijahit. Jadi sehabis bahan dijahit maka secara otomatis benang akan putus dan bahan bisa langsung diambil dilanjutkan dengan proses jahit yang lain.

- Control panel
Control panel digunakan untuk memprogram suatu jahitan yang berada pada mesin tersebut. Control panel ini menempel diatas body mesin. Contoh program yang bisa diatur dengan control panel adalah jahitan label, otomatis jahitan kunci, menjahit terus menerus dll.

- Direct drive
Teknologi ini memakai motor berkekuatan tinggi yang ditanam didalam body mesin. Pada mesin ini sudah tidak ditemui lagi dynamo yang berukuran relative lebih besar cdari bawah meja mesin jahit itu sendiri. Dengan direct drive maka getaran yang dihasilkan sangat kecil sehingga tingkat keakuratan jahitan lebih bagus.

- Dry Head
Mesin ini didesain tanpa ada minyak sama sekali atau dengan sedikit minyak yang ditampung dalam botol kecil. teknologi ini dikembangkan berdasarkan kendala yang terjadi di lapangan, dengan seringnya bahan itu kotor karena terkena minyak mesin.

Mesin jahit jarum 2 ( double needle )
macam tipe jarum dua :
- Jarum dua standart
- Jarum dua split
Mesin ini memungkinkan untuk mengatur salah satu jarum utuk jahit / tidak. Contoh proses pada saku.

- Jarum dua rantai
Mesin ini sama dengan mesin jarum dua standart tapi jahitan bawah yang dihasilkan adalah jahitan

Mesin obras ( overlock )
Dimana mesin ini untuk jahit pengaman bahan. Mesin ada 4 tipe : obras benang 3, obras benang 4, obras benang 5, obras benang 6. setiap mesin mempunyai fungsi masing masing dilihat dari proses yang dijahit.

Teknologi dalam mesin obras adalah :

a. Obras Dry head
b. Obras tipe benang 6

Mesin bartacking
Mesin bartacking digunakan untuk menjahit kunci pada akhir jahitan. Teknologi didalam mesin bartack adalah :

- Computer controlled

Patren dan kecepatan bartack yang diinginkan dapat diatur dengan mudah oleh control panel.

- Active tension
Teknologi ini memungkinkan kita mengatur kekencangan jahitan yang berbeda didalam dua model jahitan yang berbeda pada bahan yang berbeda yang dilakukan sekaligus.

- Direct Drive
Motor penggerak dengan kualitas tinggi ditanamkan langsung didalam body mesin.

Mesin Pasang kancing
Ada 2 tipe mesin pasang kancing :

- pasang kancing chainstitch
model mesin lama yang masih sangat manual. Hasil jahitannya adalah jahitan rantai yang bila satu jahitan itu lepas maka akan sangat mudah kancing itu lepas dari jahitan.

- pasang kancing lockstitch
model mesin terbaru yang sekarang ini menjadi trend di dunia buyer fashion dunia. Dengan jahitan lockstitch maka kualitas jahitan akan lebih tahan lama, anti copot. Model pasang kancing lockstitch pertama keluar langsung berbasic otomatis program computer. Teknologi pasang kancing computer adalah : direct drive, active tension dan automatic program.

Mesin Lubang Kancing
Mesin lubang kancing merupakan salah satu mesin special di sector produksi garment. Teknologi mesin lubang kancing JUKI adalah :
- Computer controlled
- Bastingstitch system
- Active tension
- option long presser foot ( 120 mm )

Mesin zig zag
Mesin jahit yang menghasilkan jahitan zigzag.
- zigzag 2 step
- zigzag 3 step

No comments:

Post a Comment

Post a Comment